Bolehkah Suami Mengambil Gaji Istri

Pertanyaan: Aku menikah dengan seorang gadis yang bekerja sebagai guru. Aku selalu mengambil gajinya dengan izin dan kerelaannya untuk satu kebutuhan dan untuk maslahat bersama, seperti membangun rumah, misalnya. Dan untuk itu, aku tidak pernah memberinya sanad (barang bukti) berupa kwitansi atas uang yang aku ambil, dia sendiri pun tidak pernah memintanya. Perlu diketahui aku juga adalah seorang pegawai yang selalu mendapat gaji bulanan, lantas bagaimana hukum perbuatan yang kulakukan tersebut?

Jawaban: Tak masalah jika Anda mengambil gaji istri Anda, asalkan atas dasar kerelaannya, dan istri Anda telah berumur dewasa. Begitulah, setiap sesuatu yang ia berikan kepada Anda adalah bantuan untuk anda. Anda dibolehkan bagimu untuk mengambilnya, jika istri Anda rela dan bisa menentukan mana yang benar, meskipun hal itu tanpa tanda bukti atau kwitansi. Hal ini berdasarkan firman Allah s.w.t. di awal surah An-Nisâ,

Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS. An-Nisâ: 4).

Akan tetapi jika ia meminta kwitansi maka ini lebih baik untuk berjaga-jaga jika Anda takut akan sikap keluarga dan kerabatrnya, atau Anda takut ia pulang ke rumah keluarganva. Wallahu waliyyu at-taufiq.

Seorang wanita memiliki tanggung jawab harta dan keuangan sendiri yang independen. Tak seorang pun boleh memaksanya untuk mnengambil atau merampas uangnya. Seorang suami tidak boleh menguasai gajinya, mahar miliknya, atau warisan yang didapatnya. Ini tidak termasuk dalam tugas kepemimpinan suami terhadapnya.

Akan tetapi, jika istri rela dan mengizinkan suami mengambil hartanya, maka tak mengapa. Seorang wanita juga tidak diperbolehkan keluar rumah tanpa izin suaminya. Seorang wanita tidak boleh keluar dari rumah suaminya kecuali atas izin suami. Dan jika suami mengizinkan, maka wanita itu harus menjaga etika dan akhlak di luar, mendengar dan menaati suaminya selama tidak bermaksiat kepada Allah s.w.t.

Baca juga:  Bolehkah Jual Beli Secara Kredit Atau Dengan Tempo

#Tag

hukum suami mengambil uang istri, hadits tentang uang istri, hukum suami memakai uang istri, hukum meminjam uang istri, hukum islam suami menyembunyikan uang dari istri, hukum istri menanggung belanja rumah, hukum istri membelanjakan uang hasil kerja sendiri, hukum mengambil uang istri tanpa izin

Tinggalkan Balasan