Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot Sampai Tuntas

Jika anda pengguna smartphone android tentu saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lemot. Android lemot memang sering kali terjadi bagi pengguna smartphone terlebih smartphone yang memiliki harga murah biasanya sangat rentan dengan yang namanya android lemot.

Untuk mengatasi mesalah android lemot ini sebenarnya cukup gampang bagi yang tahu caranya, namun cukup sulit juga bagi anda yang memang belum tahu cara mengatasi android lemot apalagi bagi yang awam sama sekali tidak tahu menahu tentang android. Tips ini sangat penting bagi anda apalagi yang memiliki anak seperti yang kita tahu bahwa di jaman sekarang anak selalu bermain dengan android nya tentu saja kita tidak terlalu tahu menahu apa yang dilakukan mereka dan apa saja yang di kutak-katik.

Penyebab Android Lemot

Penyebab android lemot ini banyak faktornya misalnya saja:

  • Terlalu banyak aplikasi
  • Terlalu banyak file sampah yang tidak digunakan
  • Terlalu banyak cache
  • Terlalu sering instal uninstal aplikasi
  • Terlalu banyak tab yang terbuka

Selain yang disebutkan diatas, android lemot ini juga bisa terjadi karena anda menginstal aplikasi yang berjalan di latarbelakang seperti aplikasi:

  • Penghemat baterai
  • Peningkat Ram
  • Pembersih sampah
  • Anti virus

Memang sih aplikasi-aplikasi tersebut bermanfaat tapi dengan catatan menggunakan aplikasi yang tepat.

Diluar sana banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bekerja seperti yang disebutkan diatas namun yang anda tidak tahu adalah bahwa tidak semua aplikasi tersebut bekerja sesuai dengan caranya. Ada banyak aplikasi yang bukannya bekerja memperbaiki android, justru malah menambah beban sehingga membuat android lemot.

Tips Mengatasi Android Lemot

Jika bicara tentang tips mengatasi android lemot, saya tidak akan membahas panjang lebar karena saya akan berikan solusi dengan singkat dan tepan yang mudah mudahan akan mengatasi masalah android lemot pada smartphone android anda. Berikut adalah cara mengatasi android lemot.

Baca juga:  Cara membuka pola hp oppo yang Lupa pola

Menggunakan metode Pengaturan Aplikasi

Cara yang pertama mengatasi android lemot adalah, membersihkan file cache di smartphone anda dengan cara:

  1. Pergi ke pengaturan
  2. Pilih Pengaturan aplikasi
  3. Buka aplikasi dan pilih Penyimpanan pilih Hapus memori atau Hapus Cache
  4. Lakukan cara ini untuk setiap aplikasi sampai seluruhnya

Jika menggunakan cara pertama terlalu malas karena harus melakukannya satu-persatu, saya punya cara yang kedua. Cara ini hanya dilakukan sekali proses untuk menghapus semua cache namun kekurangannya adalah setiap android memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan langkah ini. Disini saya akan contohkan menghapus cache yang paling umum digunakan pada android.

Menggunakan Metode Recovery

  1. Matikan android anda
  2. Tekan tombol Volume atas dan Power secara bersamaan
  3. Setelah menyala, lepaskan tombol Power sedangkan tombol Volume tetap ditahan
  4. Setelah muncul layar menu Recovery, pilih Erase cache menggunakan tombol Volume untuk memilih
  5. Tekan tombol Power untuk Ok
  6. Tunggu sampai selesai dan sampai disini semua cache sudah terhapus

Penting Jangan memilih Erase data factory reset karena bisa menyebabkan semua data hilang

Menggunakan Metode Aplikasi pihak ketiga

Cara ini kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda download di google playstore. Aplikasi yang disarankan adalah sebagai berikut:

1.Clean Master

Android lemot bis anda atasi dengan menghapus cache menggunakan aplikasi ini dan juga bisa menghapus file sampah pada android anda. Selain itu aplikasi ini dapat melindungi anda dari virus android.

2.Ccleaner

Aplikasi Ccleaner ini adalah perusahaan terkenal mulai dari softwarenya untuk pembersih komputer sampai dengan aplikasinya untuk membersihkan ponsel ketika anda mengalami android lemot. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengatasi masalah tersebut terkait android lemot

Baca juga:  Cara memperbaiki hp samsung stuck di logo

3.DU Speed Booster

Aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk mengatasi android lemot karena aplikasi ini bekerja untuk meringankan kinerja android anda dan membuat android anda menjadi ringan. Ini adalah kemampuan dari aplikasi ini

4.Clear Cache

Seperti namanya, aplikasi berfungsi untuk membersihkan atau menghapus file cache di android anda sehingga anda tidak lagi mengalami yang namanya android lemot.

Jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut untuk mengatasi android lemot maka itu bisa saja direkomendasi kan untuk anda tetapi anda harus tahu bahwa setelah anda melakukan nya, saya harap anda segera menghapus atau uninstal aplikasi tersebut untuk mengurangi pemakaian Ram android anda. Jadi anda menginstalnya hanya jika membutuhkannya saja. Memang terkesan hanya memanfaatkan aplikasi secara tidak benar tetapi hal ini dilakukan demi keamanan ponsel android anda, namun semua itu tergantu diri masing-masing apakah terus mempertahankan aplikasi tersebut adalah hak anda. Sekiat tips dari saya tentang mengatasi android lemot. Jika butuh bantuan silahkan hubungi kami. Jangan lupa tinggalkan komentar jika mengalami masalah terkait dengan android lemot

#Tag

cara mengatasi hp oppo lemot, cara setting hp biar enteng, cara mengatasi hp error, cara mengatasi hp lag, cara mengatasi hp lemot xiaomi, cara agar hp ram 2gb tidak lemot, cara mengatasi hp vivo lemot, cara mengatasi hp lemot dan panas, cara mengatasi hp lemot samsung, cara mengatasi hp lemot xiaomi, cara mengatasi hp oppo lemot, cara mengatasi hp lemot dan panas, cara mengatasi hp, lemot saat internet, penyebab hp lemot dan macet, kenapa hp lemot padahal memori masih banyak, cara setting hp biar enteng

Baca juga:  Cara memperbaiki hp samsung stuck di logo

Tinggalkan Balasan