Hukum Memanfaatkan Barang Gadaian Mencari Keuntungan

Masalah ini adalah cabang dari masalah sebelumnya, di mana akad pergadaian ini tujuannya adalah untuk mencatat dan menjamin utang. Tujuan pergadaian bukan untuk menginvestasikan barang tersebut atau untuk mencari keuntungan. Selama tujuannya seperti itu, maka tidak diperbolehkarn bagi orang yang menerima gadaian, memanfaatkan barang gadaian meskipun diizinkan oleh yang menggadaikan, karena ini adalah utang yang mengandung manfaat dan keuntungan. Semua utang yang mendatangkan keuntungan dianggap riba.

Jumhur ulama berpendapat, tidak boleh memanfaatkan barang gadaian, sementara Imam Ahmad dan Ishaq membolehkan menunggangi binatang gadaian atau memeras susunya, sebagai ganti dari biaya perawatan dan pemeliharaan. Ini berdasarkan hadis Rasulullah s.a.w. yang diriwayatkan Abu Hurairah,

Susu binatang boleh diperas sesuai dengan biaya perawatannya jika binatang itu digadai. Binatang juga boleh ditunggangi sesuai dengan biaya perawatannya jika digadaikan, bagi yang menunggangi atau memeras susunya harus mengeluarkan biaya.” (HR. Abu Daud).

Dalam hadis lain dikatakan,

]ika binatang digadaikan maka orang yang mengambil gadaian itu, harus memberinya nakanan, dan susu binatang boleh diminum, bagi yang meminum harus menanggung biayanya. ” (HR. Ahmad).

Dari sini, diketahui hukum memanfaatkan tanah pertanian yang digadaikan. Tak dibolehkan bagi penerima gadaian untuk memanfaatkannya, karena ini adalah sejenis riba. Semestinya manfaat barang gadaian itu dikembalikan kepada pemiliknya, sebagaimana halnya biaya makan, perawatan dan biaya pengembalian barang gadaian itu juga dibebankan kepadanya.

#Tag

hukum memanfaatkan barang yang dijadikan jaminan dalam pegadaian, contoh pemanfaatan barang gadai yang dianggap sebagai bentuk riba, pemanfaatan barang gadai sawah, apabila barang gadaian hendak dimanfaatkan hendaknya, manfaat pemanfaatan barang gadaian, pemanfaatan barang gadai dan borg merupakan hak dari, hukum orang yang menyerahkan barang jaminan adalah, pemanfaatan barang gadai pdf

Baca juga:  Bolehkah Jual Beli Secara Kredit Atau Dengan Tempo

Tinggalkan Balasan