Hukuman Orang Yang Sengaja Tidak Membayar Utang

Allah s.w.t. memerintahkan untuk mengembalikan segala macamn hak kepada pemiliknya. Dia berfirman,

Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.” (QS. An-Nisâ: 58).

Nabi s.a.w. memperingatkan kita dari berutang dengan niat tak mau membayar. Beliau bersabda, “Siapa yang mengambil harta orang-orang dan bermaksud menunaikannya, niscaya Allah akan membantunya menunaikan, dan siapa yang ingin menghancurkannya, Allah akan menghancurkannya pula.” (HR. Bukhari).

Diriwayatkan bahwa seorang yang mati syahid semua dosanya diampuni kecuali utang-utangnya. Dalam hadis disebutkan, “Mahasuci Allah, karena Dia menurunkan ancaman yang tegas dalam masalah utang. Demi Zat yang jiwaku di Tangan-Nya, jika seseorang terbunuh di jalan Allah kemudian ia dihidupkan kembali lalu mati lagi dan dihidupkan lagi, lantas ia mati, dan ia memiliki utang, ia tak akan masuk surga kecuali jika utangnya telah terlunasi. ” (HR. Nasai dan diangap sahih oleh al-Albani).

Sebagian orang menganggap remeh masalah berutang untuk membeli mobil dan kantor mewah, padahal ia tahu dan sadar bahwa dirinya tak akan sanggup membayarnya. Sementara sebagian orang menganggap bahwa utang bisa mendatangkan keuntungan, sehingga banyak orang kaya yang menolak untuk memberi utang, karena bagi mereka utang seperti uang yang hilang. Bahkan ada orang yang menikah dan sepakat untuk membayar mahar, padahal niatnya ingin menahan mahar itu dari istrinya atau ingin merayunya supaya bisa diganti dengan yang lain. Ini semua merupakan bentuk pengkhianatan yang tengah merajalela. Kepada Allah lah kita mengadukan, betapa agama Islam sangat asing di tengah umatnya.

#Tag

azab orang yang tidak bayar hutang, apa hukumnya orang menunda nunda membayar hutang, hukum tidak bayar hutang dalam islam, tidak mampu membayar hutang menurut islam, hukum menagih hutang dalam islam, hadits tentang tidak membayar hutang, ayat al-qur’an tentang melunasi hutang, pengaruh hutang terhadap rezeki

Baca juga:  Bagaimana Jika Harta Yang Halal Bercampur Haram

Tinggalkan Balasan