Penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan Panduan

Dalam beberapa kasus, nyeri punggung bawah dirasakan seluruhnya atau terutama di sisi kanan daripada menyebar secara merata ke seluruh punggung. Memahami kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kanan bawah, serta karakteristik khasnya, dapat membantu menghasilkan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang lebih efektif.

Penyebab Umum sakit pinggang sebelah kanan Bawah

Sakit pinggang sebelah kanan bawah paling sering disebabkan oleh sumber umum berikut:

  • Cedera pada otot, ligamen, dan / atau tendon yang mengelilingi dan menopang tulang belakang (secara kolektif disebut jaringan lunak)
  • Masalah dengan struktur tulang belakang, seperti sendi facet atau diskus intervertebralis
  • Masalah atau penyakit yang mempengaruhi organ dalam di punggung tengah, perut, atau daerah panggul

Mengunjungi dokter dianjurkan jika sakit pinggang sebelah kanan bawah berlanjut atau memburuk setelah beberapa hari, atau jika tiba-tiba timbul nyeri parah, atau jika terjadi dengan gejala lain yang berkenaan.

Sebagian besar kasus nyeri punggung bawah berasal dari cedera ringan pada otot dan / atau ligamen di punggung bawah, dan tubuh biasanya diperlengkapi dengan baik untuk menyembuhkan dirinya sendiri setelah jenis cedera ini. Meskipun rasa sakit awal akibat ketegangan otot mungkin signifikan, rasa sakit tersebut cenderung mereda dengan sendirinya selama beberapa hari atau minggu.

Sakit pinggang sebelah kanan Bawah dan Gejala Darurat

Dalam beberapa kasus, sakit pinggang sebelah kanan bawah bisa menjadi salah satu tanda kondisi serius yang memerlukan perhatian ahli kesehatan. Misalnya, kondisi yang berpotensi serius berikut mungkin termasuk sakit pinggang sebelah kanan bawah sebagai salah satu gejalanya:

  • Radang usus buntu. Kondisi ini terjadi ketika usus buntu, yang terletak di sisi kanan bawah perut, menjadi peradangan dan / atau pecah. Ini dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan bawah yang tajam dan intens dan / atau nyeri di sisi kanan bawah perut. Gejala bervariasi dan mungkin termasuk mual, muntah, atau demam. Gejala dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap.
  • Sindrom kauda equina. Kondisi ini terjadi ketika akar saraf yang keluar dari bagian bawah kanal tulang belakang di daerah punggung bawah menjadi tertekan dan meradang.Gejala bervariasi dengan sindrom cauda equina , tetapi biasanya akan mencakup beberapa derajat gangguan fungsi usus dan / atau kandung kemih, serta nyeri tajam dan kelemahan yang signifikan, mati rasa, atau kesemutan di tubuh bagian bawah.
  • Aneurisma aorta abdominal. Sebuah aneurisma di daerah perut mengacu pada balon atau pecahnya aorta abdominal. Kisaran gejala biasanya akan mencakup nyeri perut dan / atau punggung bawah yang parah dan tiba-tiba, dan gejala tekanan darah rendah seperti pingsan dan / atau mual.
  • Osteomielitis. Ini adalah infeksi di tulang belakang . Biasanya akan muncul dengan nyeri punggung yang parah, bersamaan dengan demam. Gejala tambahan mungkin termasuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan kemungkinan pembengkakan, kemerahan, atau nyeri di sekitar tulang belakang.
Baca juga:  Bolehkah Donor Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Pasien perlu menggunakan penilaian mereka dalam mencari perhatian medis; Sebagai aturan umum, disarankan untuk menemui dokter jika sakit punggung parah hingga mengganggu fungsi sehari-hari, seperti berjalan, berdiri, atau tidur, dan / atau jika nyeri punggung hebat datang tiba-tiba dan tampaknya tidak terjadi. mereda dengan istirahat atau obat pereda nyeri.

Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai daftar lengkap dari semua kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kanan bawah. Misalnya, kondisi nyeri kronis, seperti fibromyalgia atau ankylosing spondylitis , yang memengaruhi sebagian besar sistem muskuloskeletal.

Sakit pinggang sebelah kanan bawah biasanya disebabkan oleh kerusakan atau cedera pada struktur tulang belakang , seperti otot punggung kanan bawah, cakram intervertebralis lumbal, atau sendi facet. Meskipun masalah dengan struktur ini lebih cenderung menyebabkan nyeri terpusat di sekitar tulang belakang, ada kemungkinan nyeri dirasakan terutama atau seluruhnya di satu sisi tulang belakang.

Ketegangan Otot pinggang sebelah kanan

Ketegangan otot adalah sumber paling umum dari nyeri punggung bawah, dan dapat menyebabkan nyeri yang muncul terutama di punggung sisi kanan bawah. Gejala khasnya meliputi:

  1. Rentang gerak terbatas (gerakan seperti membungkuk ke depan atau berbalik ke samping mungkin menyakitkan atau tidak mungkin)
  2. Nyeri dan / atau bengkak di punggung kanan bawah
  3. Kejang otot punggung bawah
  4. Nyeri yang terasa lebih baik dengan istirahat, seperti duduk dengan kedua kaki disangga dan lutut ditopang dan sedikit ditekuk — di kursi berlengan dengan sandaran, atau di kursi malas atau disangga dengan bantal di tempat tidur
  5. Nyeri yang terasa lebih baik dengan es atau kompres dingin aplikasi
  6. Nyeri yang hilang setidaknya sebagian dengan NSAID yang dijual bebas, seperti ibuprofen, dan / atau asetaminofen
  7. Nyeri yang meningkat saat bangun dari tempat tidur atau dari posisi duduk
Baca juga:  Bolehkah Donor Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Sebagian besar ketegangan otot terjadi akibat cedera yang relatif kecil, seperti terpelintir saat mengangkat tas belanjaan. Ketegangan otot juga dapat terjadi akibat cedera jenis benturan, seperti cedera olahraga atau kecelakaan mobil.

Sebagian besar kasus ketegangan otot mulai terasa lebih baik dalam beberapa minggu dan tidak memerlukan perhatian medis dari dokter.

Sakit pinggang sebelah kanan Bawah dari Tulang Belakang

Sumber nyeri di tulang belakang dapat mencakup kombinasi dari struktur yang saling berhubungan, seperti sendi facet kecil yang membentang di sepanjang bagian belakang tulang belakang, cakram di setiap segmen gerakan, dan atau akar saraf yang bercabang di sisi kanan. tulang belakang di setiap segmen. Kondisi punggung bawah umum yang mungkin menunjukkan gejala di sisi kanan meliputi:

  • Diskus Lumbar Herniated. Disk di antara dua tulang belakang dapat mengalami hernia di sisi kanan tulang belakang, memungkinkan bagian dalam yang seperti jeli menonjol atau bocor.Diskus hernia dapat menyebabkan nyeri punggung bawah yang tumpul karena peradangan di area sekitar. Nyeri yang menjalar ke bokong dan / atau kaki kanan lebih sering terjadi, tetapi tidak selalu.
  • Sakit Sendi Facet (Osteoartritis). Kekakuan, ketidaknyamanan, dan nyeri lokal di punggung kanan bawah adalah kemungkinan gejala radang sendi yang mempengaruhi sendi facet di tulang belakang.Dalam beberapa kasus, saraf di sisi kanan tulang belakang dikompresi oleh taji tulang rematik pada sendi facet, dan dapat menyebabkan nyeri punggung sisi kanan bawah dan nyeri lokal.
  • Stenosis Tulang Belakang. Kanal tulang belakang dapat menyempit karena hernia diskus, taji tulang, atau halangan lainnya, menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan bawah dan nyeri radikuler dan / atau kelemahan pada bokong dan tungkai kanan.
  • Disfungsi Sendi Sakroiliaka. Sendi sakroiliaka menghubungkan tulang panggul dengan pangkal tulang belakang. Jika sendi sakroiliaka di sisi kanan panggul mengalami gerakan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, nyeri mungkin akan terasa di punggung kanan bawah dan / atau pinggul kanan.
  • Spondilitis ankilosa. Kondisi inflamasi ini dapat berasal dari sendi sakroiliaka bawah, dan tanda awal dari ankylosing spondylitis dapat muncul sebagai sakit pinggang sebelah kanan bawah dan / atau nyeri pinggul kanan. Dalam jangka waktu yang lama, ankylosing spondylitis dapat menyebabkan sendi dan tulang belakang menyatu dan membatasi gerakan di tulang belakang.
Baca juga:  Bolehkah Donor Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Perawatan untuk masalah tulang belakang ini akan bervariasi berdasarkan kondisi pasien dan tingkat keparahan gejalanya. Ada berbagai macam pilihan pengobatan, seperti kompres panas / dingin dan obat pereda nyeri yang dijual bebas, serta manipulasi manual, terapi fisik, suntikan, atau pembedahan.

Pasien mungkin menemukan bahwa menemukan pengobatan yang efektif adalah proses coba-coba, dan kombinasi pengobatan yang optimal dapat berubah seiring waktu.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan Bawah yang Kurang Umum

Masalah pada tulang belakang atau kondisi nyeri yang meluas juga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan bawah. Beberapa kondisi tersebut meliputi:

  • Spondylolisthesis degeneratif. Satu tulang belakang yang tergelincir ke depan di atas tulang belakang di bawahnya karena keausan terkait usia pada tulang belakang disebut sebagai spondylolisthesis degeneratif .Kondisi ini dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung bawah yang menopang tulang belakang, dan dapat menekan atau mengiritasi akar saraf dan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan bawah lokal dan biasanya nyeri radikuler yang mengikuti jalur saraf skiatik ke kaki kanan.
  • Sindrom nyeri kronis. Fibromyalgia dan sindrom nyeri myofascial adalah kondisi nyeri kronis yang menyebabkan nyeri muskuloskeletal seluruh tubuh, dan dapat menyebabkan nyeri terkonsentrasi di satu sisi punggung bawah.Gejala lain termasuk nyeri di area tertentu, yang disebut titik pemicu, serta kelelahan yang terus-menerus.
    Baca lebih lanjut tentang fibromyalgia di Arthritis-health.com
  • Tumor tulang belakang. Kanker yang berasal dari tulang belakang tidak umum, dan sebagian besar tumor tulang belakang menyebar ke tulang belakang setelah dimulai di bagian tubuh yang lain. Jika tumor menekan di sisi kanan tulang belakang, atau menekan akar saraf di sisi kanan, sakit pinggang sebelah kanan bawah dapat terjadi.

Beberapa kondisi mungkin lebih sulit untuk didiagnosis daripada yang lain. Jika seseorang mengalami gejala jangka panjang yang datang dan pergi atau semakin memburuk, sebaiknya buat catatan mendetail tentang kapan dan seberapa parah gejala tersebut terjadi.

#Tag

sakit pinggang sebelah kanan pada wanita, sakit pinggang sebelah kanan apakah tanda hamil, obat sakit pinggang sebelah kanan di apotik, sakit pinggang sebelah kanan sampai ke perut, sakit pinggang sebelah kanan setelah berhubungan, sakit pinggang sebelah kanan saat hamil, sakit pinggang sebelah kiri, sakit pinggang sebelah kanan dan sering kencing

Tinggalkan Balasan